Mengenal Apa Itu Handheld Game Console dan Kelebihannya

Ketika bermain game, tentu Anda menginginkan pengalaman yang memuaskan. Selain menggunakan PC, opsi lain yang bisa dipilih untuk para pecinta game adalah bermain menggunakan handheld console. Handheld game console adalah perangkat yang dirancang khusus untuk memainkan video game di perangkat portabel yang praktis dan mudah dibawa kemana mana. Alternatif ini terbilang populer dan semakin diminati. 

Bermain dengan handheld game console memiliki kelebihan tersendiri. Selain dari kepraktisannya, kemampuan grafis serta fitur canggih yang melengkapinya juga menjadi alasan kenapa pecinta game tidak melewatkan yang satu ini. Nah, supaya lebih mengenal game console, mari simak penjelasan lengkapnya berikut. 

Apa Itu Handheld Game Console? 

Secara umum, handheld game console adalah perangkat elektronik yang mendukung berbagai video game yang dirancang portabel dan bisa dioperasikan tanpa tambahan monitor dan controller, sehingga semakin memudahkan para pecinta game untuk bermain di mana saja dan kapan saja. 

Bermain dengan handheld game console memang memiliki daya tarik tersendiri. Walau dengan gawai yang kecil, berkat kecanggihan teknologi terkini, Anda seperti bisa masuk ke dalam game kapan dan dimana saja dengan dukungan grafis dan audio yang tidak kalah memukau dengan console konvensional sehingga sensasi yang diberikan terasa semakin nyata. Adanya fitur multiplayer membuat pengalaman bermain game bersama terasa semakin seru. 

Saat ini telah banyak perusahaan yang mengeluarkan handheld game console. Tiap produk memiliki keunikan dan pilihan game yang berbeda. Namun, berikut adalah beberapa produk yang sudah umum populer di pasaran. 

Nintendo 

Perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang ini pertama kali meluncurkan handheld  game console pertama di tahun 1980 lewat Game Watch yang juga sempat populer di Indonesia di era 80an. Hingga saat ini, telah banyak merilis produk handheld yang melegenda bagi para gamers di berbagai era, mulai dari Gameboy, Nintendo DS, Nintendo 3DS, hingga yang terbaru Nintendo Switch

PlayStation 

Setelah Sony sukses dengan serial console Playstation, di tahun 2004, Playstation Portable (PSP) yang terus diproduksi hingga tahun 2014. Sony juga merilis Playstation Vista di tahun 2011 sebagai alternatif untuk PSP, yang sayangnya berusia pendek karena dihentikan produksinya pada tahun 2019.

Sega 

Sega merilis produk handheld bernama Game Gear di tahun 1990 di Jepang dan dijual secara internasional pada tahun 1991. Namun karena kalah bersaing dengan Gameboy, produksi Game Gear dihentikan pada tahun 1997. Di tahun 90an, Sega juga merilis beberapa produk handheld seperti Nomad dan Mega Jet. namun juga tidak sukses di pasaran,

Kelebihan Handheld Game Console 

Setelah mengetahui apa itu handheld game console, Anda mungkin tertarik untuk membeli perangkat satu ini. Namun, jangan ketinggalan informasi lain, sebaiknya perhatikan pula berbagai kelebihannya. 

Praktis  

Salah satu keunggulan dari game console adalah bagaimana perangkat ini praktis dan mudah digunakan. Tidak perlu alat tambahan sehingga Anda juga tidak perlu khawatir soal perangkat yang tidak kompatibel. Tidak perlu pengetahuan khusus pula untuk memainkannya. 

Bermain di Mana Saja 

Jika menggunakan handheld console, Anda bisa bermain dimana saja dan kapan saja dimana saja sesukanya. Anda bisa main dengan nyaman berpindah-pindah tempat. 

Harga Terjangkau 

Bagi banyak pengguna atau pecinta game, handheld game console kerap dinilai sebagai opsi yang lebih terjangkau. Banyaknya ketersediaan game dengan variasi harga juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Jadi, apakah Anda semakin tertarik dengan  handheld game console? Sepertinya perangkat ini sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi Anda para gamer sejati. 

Advan Indonesia kini sudah merilis Handheld PC console andalannya dengan codename XPlay pada tanggal 15 Mei 2024. Advan XPlay dilengkapi dengan NPU yang mampu mencapai kecepatan total hingga  32 TOPS (Trillions of Operations per Second), dan menjadikannya sebagai perangkat paling mumpuni untuk menjalankan berbagai game AAA dengan lancar,sekaligus menjalankan fungsi Mini PC jika dibutuhkan. Penasaran bagaimana detail-nya? Simak spesifikasi lengkap dan juga beberapa fitur unggulan dari Advan XPlay hanya di halaman berikut ini.

Share :
Shopping cart0
There are no products in the cart!